Pelajaran Blog Khusus Bagi Pemula Lugas dan Penting Forantum I Blogging is My Life I Tutorial Blog I Tips dan Trik Blog I SEO I Free Template

Jumat, 15 Oktober 2010

10.000 Peziarah Ikuti Prosesi di Larantuka


05.00 |

10.000 Peziarah Ikuti Prosesi di Larantuka
Sabtu, 11 April 2009 | 05:53 WIB



LARANTUKA, KOMPAS.com - Sedikitnya 10.000 peziarah dari beberapa daerah memadati Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, untuk mengikuti prosesi Jumat Agung.

Puncak tradisi Semana Santa dalam memperingati wafat Yesus Kristus diawali pukul 11.30 Wita, di Kapela Tuhan Menino, di kawasan Pantai Kota Rowido, Kelurahan Sarotasari, Kecamatan Larantuka. Dari Kapela Tuhan Menino, patung Tuan Menino (kanak-kanak Yesus) diantar salib Yesus dalam bentuk peti yang dibalut kain hitam menuju Pantai Kuce, Kelurahan Kebon Sirih, yang berjarak 5 kilometer.

Patung Tuan Menino diantar dengan prosesi Antar Tuan (proses laut) dan diangkut dengan perahu tradisional bercadik yang disebut bero. Turut serta dalam perahu, Bupati Flores Timur Simon Hayon dan Katarina Bete Diaz, wakil suku Porita, salah satu suku yang mengelola Kapela Tuhan Menino.

Di belakang perahu Tuan Menino ada sedikitnya 12 perahu motor yang dipenuhi ribuan peziarah yang mengiringi hingga Pantai Kuce. Tuan Menino kemudian diantar ke satu armida (kemah), tempat perhentian untuk prosesi iman keliling kota Larantuka, Jumat malam.

Prosesi iman keliling akan melalui 8 armida, yang melukiskan karya penyelamatan Allah bagi keselamatan umat manusia.

Dalam misa Jumat Agung sore di katedral, Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Nuntius Apostolik Mgr Leopoldo Girelli menyatakan, dari wafatnya Yesus, umat Kristiani patut mensyukuri kasih Allah yang begitu besar.

Ribuan umat Katolik yang mengikuti perayaan ekaristi Jumat Agung di Gereja Katedral Pontianak, Jumat, larut dalam keheningan saat mengenang kisah sengsara Yesus Kristus yang wafat di kayu salib.

Vikaris Jenderal Keuskupan Agung Pontianak Pastor William Chang OFM Cap menyatakan, inti dari peringatan Jumat Agung adalah kesetiakawanan Sang Pencipta kepada manusia ciptaan-Nya. ”Ada solidaritas Yesus yang rela berkorban menderita bagi umat-Nya,” kata William.

Dalam Misa Jumat Agung di Gereja Katedral Santo Petrus Bandung, Jumat sore, Uskup Bandung Mgr Johannes Pujasumarta Pr memimpin umat untuk mendoakan para pemimpin negara. Misa diikuti lebih dari 1.000 umat Katolik se-Bandung.

Peringatan Wafat Yesus Kristus di Jakarta juga berlangsung aman dan lancar. Di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, tak kurang dari 1.000 jemaat mengikuti misa.

Wali Kota Jakarta Pusat Sylviana Murni mengatakan, demi keamanan dan kenyamanan umat Kristiani, Pemerintah Kota Jakarta Pusat dan kepolisian bekerja sama untuk berjaga di sekitar gereja. (SEM/WHY/JON/NEL)


You Might Also Like :


0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar, dan jangan lupa kembali lagi

Diberdayakan oleh Blogger.